Trik Sukses Presentasi Bisnis

Presentasi bisnis sangat penting bagi kemajuan bisnis Anda. Salah satu faktor yang menandakan presentasi bisnis Anda sukses adalah berhasil meraih antusiasme para audiens Anda, baik itu calon investor sampai calon konsumen.

Presentasi Bisnis

Presentasi bisnis merupakan kesempatan Anda untuk mengenalkan produk/jasa yang Anda jual, memicu ketertarikan, meyakinkan bahwa produk/jasa Anda lebih baik dari kompetitor, sampai mengundang keterlibatan audiens Anda. Ketika audiens merasa tertarik dan yakin, peluang terjadinya penjualan akan meningkat. Namun, untuk dapat melakukan presentasi bisnis yang sukses tentunya memerlukan keterampilan dan strategi.

Compro telah merangkum 5 (lima) poin penting sebagai tips menyukseskan presentasi bisnis Anda.

Kenali audiens Anda

icon-1250084_640

Setiap orang adalah pribadi yang unik. Begitu juga dengan cara orang menyerap informasi dan bertindak. Terdapat banyak sekali gaya komunikasi yang dapat digunakan. Namun, gaya komunikasi apa yang cocok untuk Anda gunakan saat presentasi bisnis di hadapan audiens?

Tentukan target audiens Anda. Kemudian, berusahalah untuk mengenali dan memahami mereka. Setelah itu, Anda pun dapat menentukan gaya komunikasi yang paling tepat untuk dipraktikkan dalam presentasi bisnis Anda agar informasi dan persuasi dapat tersampaikan dengan lebih efektif dan efisien.

 

Tentukan tujuan presentasi

Business growth and strategy concept illustration

Buatlah visi dari presentasi bisnis Anda. Apakah presentasi ditujukan untuk sekedar memberi informasi, persuasi, atau meyakinkan audiens? Setelah menentukan visi, Anda dapat lebih mudah dalam mencari dan menentukan infomasi pendukung sebagai penguat materi Anda.

 

Manfaatkan berbagai media presentasi

Public speaking skills flat icons collection with conference presentation visual aid and training abstract isolated illustration vector

Terdapat banyak sekali media yang dapat digunakan dalam aktivitas presentasi, misalnya slide presentasi, flow chart, dan white board. Anda dapat memilih media presentasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Misalnya, Anda ingin menyakinkan audiens dengan data statistik, maka gunakanlah flow chart dan slide presentasi. Slide presentasi pun dapat divariasikan antara teks, gambar, maupun video agar menarik dan tidak monoton.

 

Gunakan juga bahasa nonverbal

104633-OMC20N-261

 

 

 

 

Komunikasi dibedakan menjadi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal menggunakan kata-kata, sedangkan komunikasi nonverbal tidak. Komunikasi nonverbal dapat berupa ekspresi wajah, gestur tubuh, gerakan mata, intonasi suara, objek yang digunakan (seperti pakaian, perhiasan, dan jam), serta proksemik (jarak antara pelaku komunikasi).

Komunikasi nonverbal berfungsi untuk memperkuat komunikasi verbal. Anda dapat terlihat lebih meyakinkan jika menggunakan komunikasi verbal yang tepat. Misalnya, berpenampilan rapi dan sopan saat sedang presentasi akan menciptakan penilaian positif diri Anda di benak para audiens. Namun, perlu perhatikan bahwa sesuatu yang berlebihan tidak baik. Gunakan komunikasi nonverbal seperlunya saja.

 

Latihan sebelum presentasi

white-male-1874802_640

Performa yang bagus dapat berasal dari latihan yang dilakukan sebelumnya. Dengan latihan, Anda dapat meminimalkan kesalahan dan meningkatkan kepercayaan diri Anda untuk berbicara di depan banyak orang.

Salah satu cara latihan yang efektif adalah dengan presentasi di depan cermin. Anda dapat memperhatikan komunikasi nonverbal Anda sekaligus belajar mempertahankan pandangan Anda ke audiens (ke cermin). Dari latihan, Anda juga dapat meninjau kembali apakah presentasi Anda selama latihan sudah cukup baik dan mengetahui hal yang harus diperbaiki atau ditingkatkan.

 

Bagaimana? Sudah siapkah Anda melakukan presentasi bisnis yang lebih efektif dan efisien di hadapan audiens Anda?

***

Dapatkan informasi dan tips menarik lainnya di bidang teknologi dan bisnis hanya di blog.compro.id . Ikuti juga media sosial kami di Instagram, Youtube, dan Facebook!