Perbedaan Apple ID dan Apple Developer ID

Berdasarkan data dari Mobile Operating System Market Share Worldwide (April 2019), iOS menduduki peringkat kedua sistem operasi yang paling banyak digunakan secara mendunia, yaitu 22.94% dari populasi dunia. Pasar iOS yang menargetkan masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas, menawarkan sistem keamanan tinggi, dan rendahnya probabilitas pembajakan membuat iOS tetap digunakan para pengembang untuk mempublikasikan aplikasinya.

Untuk dapat mempublikasikan aplikasi, para pengembang harus memiliki Apple Developer ID terlebih dahulu. Lalu, apa Apple Developer ID itu? Apakah sama dengan Apple ID?

 

Apple ID

Apple ID dapat dibuat dengan memiliki minimal 1 perangkat keras Apple. ID ini berfungsi sebagai akun pribadi pengguna iOS yang digunakan untuk mengakses semua layanan Apple, melindungi informasi pengguna, dan memungkinkan pengguna untuk memilih informasi yang dibagikan.

Data pengguna yang tersimpan akan dicadangkan di iCloud secara otomatis dengan keamanan yang tinggi karena terenkripsi saat proses transit dan penyimpanan data, serta membutuhkan token untuk mengaksesnya. Selain iCloud, layanan Apple lainnya adalah App Store, iTunes Store, iMessage, Facetime, dan akses konten pada semua perangkat maupun website. Hal ini memudahkan pengguna karena data yang dibutuhkan dalam proses login, detail kontak, pembayaran, dan keamanan telah tersimpan.

Menariknya, Apple juga menyimpan nomor seri dan pengenal perangkat keras pengguna yang sangat berguna ketika sedang berusaha mencari perangkat keras bersangkutan. Satu data pengguna dapat digunakan untuk mengakses semua perangkat keras Apple yang dimiliki dan terdaftar! Pembuatan akun Apple ID juga tidak berbayar, alias gratis!

 

Apple Developer ID

Jika Anda merupakan pengembang yang ingin aplikasi Anda terpampang di Apple App Store, Anda harus membuat Apple Developer ID. (Baca juga : Cara Praktis Membuat Apple Developer ID)

Anda dapat menggunakan beberapa tools dan resources dengan gratis dari Apple untuk mulai mencoba membangun sebuah aplikasi, mulai dari Xcode 10, Swift 5, dan Test Flight. Namun, ketika Anda ingin membuat aplikasi yang lebih kompleks dan menampilkannya di Apple App Store, Anda harus mendaftar dalam Apple Developer Program dengan membayar senilai USD99 per tahunnya langsung ke pihak Apple.

Perlu diperhatikan, meskipun Anda sudah membayar, hal ini tidak menjamin aplikasi Anda pasti terpublikasi. Apple memiliki berbagai syarat dan ketentuan yang digunakan sebagai acuan nilai kelayakan aplikasi Anda untuk dipublikasikan.

Untuk mendapatkan tips publikasi aplikasi di Apple App Store, baca juga “Kunci Penting untuk Sukses Publikasi Aplikasi di Apple App Store” .

***

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar teknologi, bisnis, dan promo atau perkembangan Compro hanya di blog Compro, Instagram, Facebook, atau Youtube.

 

Salam Compro!

 

Sumber 1

Sumber 2