Keunggulan Mobile Apps Dibanding Mobile Web

Segala aktivitas kini dapat dilakukan dengan bantuan internet dan perangkat yang mendukung, seperti smartphone. Informasi, promosi, hiburan, transaksi, dan lainnya dapat diakses dengan mudah menggunakan mobile apps maupun mobile web. Lantas, apa bedanya mobile apps dan mobile web?

***

Mobile Web merupakan kumpulan halaman html berbasis browser yang dapat diakses menggunakan perangkat portable melalui jaringan internet dan memiliki 2 buah domain. Mobile Web dirancang untuk menampilkan konten pada layar perangkat apa pun. Sedangkan, Mobile Apps merupakan software yang khusus dibuat untuk digunakan pada perangkat portable smarphone yang mengharuskan proses unduh aplikasi dari toko aplikasi untuk mengaksesnya. Mobile Apps hanya memiliki 1 buah domain dan aksesnya terbatas pada jenis sistem operasi smartphone yang digunakan.

Dalam beberapa hal, mobile apps lebih unggul dibandingkan mobile web. Mobile apps memiliki performa lebih cepat dibandingkan mobile web karena hanya menggunakan 1 domain saja. Visual dari mobile apps juga lebih menarik dan mudah digunakan dengan smartphone, terutama di zaman serba praktis ketika orang lebih suka membawa perangkat portable yang lebih kecil. Keamanan dan kualitas mobile apps juga lebih terjamin karena dikontrol oleh toko aplikasi yang memberikan syarat dan ketentuan aplikasi.

Adanya push notification pada mobile apps juga memberi peluang lebih besar pengguna akan kembali menggunakan apps meskipun sedang tidak membuka apps. Berbeda dengan mobile web yang memberi notifikasi saat pengguna mengakses web atau melalui email.

Menurut laporan tahun 2017 dari App Annie, salah satu perusahaan analisis aplikasi, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan mobile apps dibanding mobile web. Tidak ada perbedaan besar pada waktu penggunaan mobile apps di berbagai negara. Berikut diagram laporan dari App Annie.

pic_insights-mobile-web-apps-time-spent-1

 

Perbedaan umur juga tidak memberikan pengaruh besar pada penggunaan mobile apps yang lebih banyak dari mobile web. Ketika memiliki smartphone, otomatis orang akan menggunakan dan beradaptasi dengan mobile apps.

Mobile apps memiliki keunggulan dibandingkan mobile web dalam beberapa hal, termasuk jumlah akses pengguna. Mobile apps membuka peluang positif bagi pebisnis, korporat, dan pihak lainnya yang ingin mendapatkan ‘pasar’ lebih besar.

 

Ayo buat mobile apps sekarang juga dengan praktis dan mudah menggunakan platform dari Compro. Coba buat demo apps dengan mengakses : http://ayobuatapps.com/

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Compro, pantau terus media sosial kami di Instagram, Youtube, dan Facebook, atau hubungi leader Anda atau melalui live chat di Compro Support.
Sumber 1

Sumber 2