Selamat Hari Guru Nasional!

Seperti yang kita ketahui, bahwa hari ini, bertepatan pada tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hal ini telah ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

 

Tetapi apakah Anda mengetahui apa arti dan makna sesungguhnya dari Hari Guru ? Mari kita simak artikel berikut.

Pertama-tama mari kita lihat sejarah dari hari guru tersebut. Lahirnya  Hari Guru berawal dari perjuangan para guru Tanah Air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Nama PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) sekira dua dekade kemudian. Pergantian nama PGI tersebut membuat geram Pemerintah Belanda. Tepat ketika masa pendudukan Jepang, PGI dibungkam oleh Jepang. Pada masa tersebut, pemerintah Jepang melarang semua organisasi dan menutup semua sekolah. Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PGI kembali berkobar. Ditambah dengan digelarnya Kongres Guru Indonesia pada 24–25 November 1945 di Surakarta. Sehingga, hasil kongres mencatatkan sejarah baru, dimana pada tanggal 25 November 1945, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pun selanjutnya berdiri sekaligus diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

 

 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hari Guru yang diperingati setiap tanggal 25 November ini merupakan momen dimana harus mengenang jasa para Guru yang telah mengajar dan membimbing semua orang.

Dan Hari Guru Nasional akan menjadi momentum awal pendidikan sebagai sebuah gerakan. Pendidikan harus dipandang sebagai sebuah gerakan. Secara konstitusional pendidikan adalah tanggungjawab negara, namun secara moral pendidikan adalah tanggungjawab setiap orang terdidik, ujarnya. Mendikbud menambahkan bukan berarti pemerintah kemudian lepas tangan, pemerintah justru harus terlibat dan mengajak sebanyak mungkin elemen masyarakat untuk terlibat dalam pendidikan.

Terima kasih guru atas semua jasamu. Kau adalah seorang pahlawan yang dimana jasamu terukir pada keberhasilan orang-orang besar yang kau didik. Selamat Hari Guru Nasional 2017.

 

 

Untuk informasi lainnya, dapat Anda dapatkan dari sosial media kami, Instagram , Youtube , Facebook , dan Twitter dan  melalui Live Chat pada Compro Support.

 

 

Sumber