Cara Mencetak Foto dari Smartphone Anda

Smartphone (iOS ataupun Android) yang ada sekarang ini sangat membantu kehidupan Anda. Khususnya bagi Anda yang selalu berpergian. Dan tentunya tidak lepas pada mengambil sebuah foto. Jika biasanya sebelum dicetak foto ataupun dokumen Anda harus menyimpannya terlebih dahulu ke dalam flashdisk. Kini Anda dapat mencetak semua file langsung dari smartphone, tanpa harus melakukan transfer file ke dalam flashdisk. 

Dan berikut adalah beberapa cara mencetak foto langsung dari smartphone Anda :

  1. AirPrint pada iPhone

Pada iPhone dapat dicetak langsung pada printer yang sudah dapat mendukung aplikasi airprint, selama keduanya tersambung dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama. Akan tetapi, Anda harus melakukannya melalui aplikasi iOS yang mendukung untuk kegiatan mencetak, seperti Mail, Safari, dan Photos. Caranya dengan membuka aplikasi yang Anda inginkan, ketuk ikon share yang berbentuk panah, kemudian pilih ikon printer, pilih printer yang tersedia di dalam list, kemudian pilih “Print.” 

  1. Aplikasi dari Beberapa Merk Printer

Produsen printer seperti Epson, Hewlett-Packard, Canon membuat aplikasi cetak “bawaan” yang kompatibel baik untuk Android ataupun iOS. Melalui aplikasi-aplikasi tersebut dapat mencetak gambar ataupun dokumen dengan mengakses media library pada kedua platform dan tersambung pada koneksi WIFI yang sama.

  1. Mengaktifkan Google Cloud Print di Chrome

Google Cloud Print menggunakan aplikasi standar di Android untuk meneruskan perintah cetak ke komputer melalui browser Google Chrome. Aplikasi Cloud Print ini dapat digunakan pada perangkat Android versi 2.1 sampai seterusnya. Agar aplikasi ini dapat digunakan, Anda harus melakukan penghubungan antara komputer dengan smartphone Anda. 

  1. Google Cloud Print pada Android

Install aplikasi Google Cloud Print yang sudah diunduh dari Google Play Store pada smartphone Anda. Setelah selesai menginstall, klik menu “Setting” di dalam Cloud Print dan pilih “Printing.” Ketuk “Cloud Print” dan ubah tombol switch ke posisi “On.” Begitu Cloud Print sudah diaktifkan, Anda dapat langsung mencetak dari aplikasi Google yang sudah “support printing”, seperti Chrome dan Gmail. Anda dapat menjalankan langsung perintah cetak dari Chrome dengan membuka menu “Setting” kemudian pilih “Print.”

Cara-cara diatas dapat dilakukan dengan mudah agar dapat langsung mencetak foto-foto pada smarthphone Anda. 🙂

Sumber Gambar