Apa itu Domain dan Hosting??

Kita semua tentunya pernah mengunjungi suatu website bukan? Entah itu website sekolah atau website pendidikan, website media sosial seperti Facebook dan Twitter, atau bisa juga blog pribadi. Lalu apakah kamu pernah kepikiran kalau kamu ingin membuat suatu website yang keren?

Sebenarnya, membuat website itu sangat mudah. Namun tentu harus ada modalnya, modal tersebut terbilang sedikit.

Yang kamu butuhkan adalah domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting? Nah, untuk jawabannya dapat Anda lihat dibawah ini.

Apa Itu Domain?

Domain pada dasarnya adalah sebuah nama website dalam internet. Sama halnya seperti manusia, terlahir dengan nama bukan? Tentu saja. Dan kebanyakan orang bila menamai anaknya tidak ingin sama dengan nama yang sudah ada bukan? Tentu saja, begitulah dengan domain. Saat Anda membuat sebuah website, dan berencana untuk order atau membeli domain, tentunya Anda tidak bisa menamai domain dengan yang sudah ada di internet.

Apa maksudnya? Maksudnya, apabila Anda ingin membuat sebuah website dengan nama domain akusaya.com, kemudian ternyata sebelum Anda sudah ada orang lain yang sudah memiliki website yang berdomain akusaya.com, maka tentunya Anda tidak akan bisa membeli domain akusaya.com karena sebelumnya sudah ada yang memiliki domain tersebut.

Domain pun mempunyai level-level tertentu. Nah berikut adalah ulasan dari level-level domain.

  • TOP Level Domain

TOP Level Domain memiliki dua jenis, yaitu gTLD(Global Level Domain), dan satunya lagi bernama ccTLD(Country Code Top Level Domain). Untuk gTLD, nama domainnya itu “berdiri sendiri”, berikut adalah daftar domain gTLD:

  1. .com
  2. .net
  3. .org
  4. .edu
  5. .gov
  6. .mil
  7. .info

Nah, sementara untuk domain ccTLD, berikut adalah daftarnya:

  1. .id
  2. .co.id
  3. .web.id
  4. .my.id
  5. .ac.id
  6. .sch.id
  7. .or.id

Apa itu Hosting?

Sebelumnya, apakah Anda tau flashdisk atau harddisk? Kedua perangkat tersebut digunakan untuk menyimpan data. Nah begitu juga dengan hosting. Hosting merupakan sebuah tempat di mana nantinya data-data website Andas seperti artikel, gambar, coding-coding template akan di simpan di dalam hosting tersebut.

Mudahnya, hosting merupakan “flashdisk digital” untuk para pemilik website. Tanpa adanya hosting, tentu kita tak bisa membuat website, karena hosting adalah tempat di mana semua data-data yang di perlukan untuk sebuah website akan disimpan di dalam hosting tersebut.

Sebelum Anda membeli sebuah hosting, pastikan hosting tersebut memiliki spesifikasi yang memenuhi kebutuhan website Anda. Spesifikasi yang penting dalam sebuah hosting untuk membangun sebuah website di antaranya adalah:

  1. Space atau kapasitas yang di miliki hosting.
  2. Bandwidth, sebuah kapasitas yang digunakan untuk mengukur jumlah pengunjung yang menuju ke website kamu. Jadi disarankan untuk memilih hosting yang memiliki bandwidth yang besar. Bandwidth ini setiap bulannya akan di reset.
  3. Database, juga disarankan untuk memilih hosting yang mendukung database yang besar, karena database ini digunakan untuk menentukan besarnya data yang bisa Anda simpan.

 

Demikian pembahasan tentang pengertian Apa Itu Domain dan Hosting Semoga bermanfaat.

 

Sumber