Pemilihan Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

“Internet” merupakan sebuah kata yang sudah sangat familiar, dimana hal tersebut sudah menjadi suatu kebutuhan penting yang mendukung beragam kegiatan sehari-hari. Internet tidak hanya dapat digunakan untuk bersosialisasi dengan banyak orang di seluruh dunia, akan tetapi hal tersebut juga dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan bisnis. Pelaku bisnis menjadikan internet sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa karena internet memiliki jangkauan yang luas namun biaya yang dikeluarkan relatif lebih rendah dibandingkan dengan cara konvensional. Aplikasi mobile merupakan salah satu sarana yang kerap kali digunakan untuk kegiatan promosi.

Saat ini, memiliki situs web saja sudah tidak cukup. Masyarakat sudah mengalami pergeseran budaya atau gaya hidup, yaitu menggunakan aplikasi mobile. Aplikasi mobile dianggap lebih mudah dan efisien karena semua sudah terangkum ke dalam satu aplikasi saja dan dapat diakses dengan mudah di setiap ponsel. Beberapa contoh kategori aplikasi mobile adalah profil personal, restoran, dan online shop. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi mobile relatif terjangkau, tergantung dari tingkat kesulitan (fitur aplikasi) yang ada. Saat ini juga sudah banyak penyedia jasa pembuatan aplikasi mobile yang tersebar di berbagai macam tempat.

Karena jasa pembuatan aplikasi mobile sudah menyebar luas, Anda sebagai konsumen harus jeli dalam memilihnya. Harga yang murah tidak dapat dijadikan sebagai satu-satunya tolok ukur untuk membuat aplikasi mobile. Jika aplikasi mobile yang sudah dibuat memiliki kualitas yang buruk, para penggunanya juga tidak akan nyaman dan akan meninggalkan aplikasi tersebut. Hal itu akan membuat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan menjadi terbuang sia-sia.

Agar dapat memilih penyedia jasa pembuatan aplikasi mobile yang baik, berikut terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi:

  1. Harga
    Harga dari aplikasi mobile dalam kategori personal dengan kategori perusahaan tentu saja berbeda. Sebagai konsumen, Anda harus dapat membedakan berbagai kategori aplikasi yang ada. Jika Anda ingin membuat aplikasi mobile dalam kategori perusahaan, maka Anda harus dapat memperkirakan berapa harga yang cocok dikaitkan dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam mengkategorikan apakah penyedia jasa pembuatan aplikasi mobile tersebut murah atau tidak.
  2. Legal

Penting untuk mengetahui aspek legal dari penyedia jasa pembuatan aplikasi mobile karena dapat memberikan jaminan terkait dengan keamanan serta proses komunikasi selama masa pembuatan aplikasi mobile dilakukan.

  1. Garansi dan Pelayanan

Kriteria terakhir dalam memilih application developer adalah apakah ia menyediakan garansi serta pelayanan yang memadai. Pelayanan yang baik akan membuat konsumen nyaman serta akan sangat membantu saat konsumen mengalami kesulitan atau masalah dengan aplikasi mobile.

Credit.

  • Deden Sudrajat

    Terimakasih banyak atas informasi yang diberikan; Sangat membantu sekali