Apa itu “Aplikasi Mobile”?

Aplikasi mobile merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi di dunia. Aplikasi yang dulunya hanya untuk perangkat komputer, sekarang ini sudah ada aplikasi untuk perangkat genggam seperti PDA atau telepon selular. Aplikasi mobile sangat mudah untuk didapatkan melalui Play Store dari berbagai platform (iOS, Android, BlackBerry, atau Windows Phone).

Sejumlah orang sering kali memiliki pandangan yang salah terkait aplikasi mobile. Beberapa di antaranya ada:

  1. Pengembangan mobile application lebih mudah

Banyak pihak yang merasa bahwa pengembangan aplikasi mobile lebih mudah, akan tetapi kenyataannya adalah sebaliknya. Aplikasi mobile juga memiliki sejumlah hal kompleks yang membuat proses pengembangannya menjadi lebih rumit.

  1. Pengembangan aplikasi mobile lebih cepat

Selain dianggap lebih mudah oleh berbagai pihak, pengembangan aplikasi mobile juga sering kali dianggap lebih cepat. Faktanya, pengembangan aplikasi mobile tidak lebih lambat atau lebih cepat, semua itu bergantung pada tingkat kompleksitas dari aplikasi itu sendiri.

  1. Pengembangan aplikasi mobile lebih murah

Pengembangan aplikasi mobile dan perangkat yang baik tidak harus murah. Perangkat mobile itu sendiri tidak murah jika Anda membandingkannya dengan biaya Pocket PC atau Tablet PC yang terhubung dengan komputer desktop. Pada saat Anda selesai membeli Pocket PC dan semua aksesorisnya, mungkin akan sama mahalnya dengan desktop (dan mungkin lebih mahal).

 

Faktanya, teknologi diciptakan untuk mempermudah hidup manusia. Jadi, sebelum Anda membuat aplikasi mobile, pastikan aplikasi tersebut sudah memenuhi beberapa hal berikut ini:

  1. Meningkatkan kualitas hidup manusia

Dengan diciptakannya aplikasi dalam bentuk mobile, maka kiranya aplikasi tersebut dapat lebih mempermudah manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya para pengguna hanya perlu menggunakan satu (1) aplikasi saja untuk mengorder transportasi umum (efisien).

  1. Meningkatkan komunikasi

Aplikasi mobile dapat digunakan sebagai saluran untuk berbagi informasi terkait pekerjaan atau yang lainnya. Dengan demikian, maka para penggunanya akan merasa dimudahkan.

  1. Meningkatkan proses bisnis yang sudah ada

Dalam pekerjaan, adanya aplikasi mobile dapat meningkatkan proses bisnis yang sudah ada. Contoh kecil dapat kita lihat dari penggunaan aplikasi instant messaging, WhatsApp. Banyak dari pekerja yang aktif menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi mobile untuk mendukung dalam hal komunikasi.

  1. Meningkatkan customer satisfaction

Aplikasi mobile yang ideal adalah yang user-friendly, terutama bagi para pelanggan. User experience menjadi salah satu hal yang sangat penting yang kemudian berhubungan dengan customer satisfaction. Saat pelanggan merasa dilayani dengan baik melalui aplikasi mobile, maka customer satisfaction pun akan meningkat. Dengan memiliki customer satisfaction yang baik, hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan dari perusahaan Anda.

Photo’s credit.